SEARCH HERE

Memuat...

Sabtu, 22 Mei 2010

CARA MERAWAT BAYI KELINCI YANG BARU LAHIR

berhubung gw punya kelinci (namanya leasy dan bunny).. c bunny tuh baru ngelahirin.
lahiran yang pertama anaknya 5, tapi sayang mati semua.. gara gw ga tw gimana cara ngerawatnya. gw kirain kelinci sama kya kucing, masih mau ngerawat anaknya. ternyata salah!! kelinci gw malah nginjek-nginjek anaknya mulu, lari dikandang kesana-sini.
ckckckckcckk

nah dilahiran yang ke-2 ini, bunny punya 3 anak. gw pengen tau cara ngerawatnya biar ga mati lagi, secara kemaren dah pengalaman klo anaknya ga diurus .. jadi sekarang gw pengen berusaha ngurus bayi kelinci biar bisa hidup. gw pengen aja share sama yang lain, yang mungkin punya kelinci dan nasib bayi kelincinya sama kya bayi kelinci punya gw ...
ternyata bayi kelinci tuh kecil bgd yahhh ... sama kya anak tikus.. dan selalu jadi inceran kucing-kucing lapaaarrrrrr. Kasian!!
dari hasil pencarian gw di yahoo dan google, nihh dia hasilnya..

1.dipisahin dari induknya... Soalnya, induknya bakal menggigit anaknya sendiri + nginjek, klo bisa bayi kelinci ditaro dikardus yang udah dialas sama kain bekas .. biar bayi kelinci hangat.
2.Klo mw disusuin, induknya ditidurin trus dipegangi kepala dan kakinya.. Trus anaknya dilepasin di sekitar badannya biar nyusu sendiri.
hati-hati soalnya induknya suka berontak
3. Klo bisa anaknya diletak di kardus, trus kasih slimut biar hangat. 2 kali seminggu dijemur di panas matahari.
**katanya sih induk kelinci klo malem nyusuin,.. tapi gw juga kurang tau dehh
,bener g c???

Klo untuk yg dewasa, kandangnya klo bisa bawahannya terbwt dri kwat yg berlubang,,, spya ngga kotor dan sehat... dan satu lagi yang penting, kandang kelinci ga boleh basah atau lembab soalnya bisa bikin kelinci gampang sakit.
Semoga bermanfaat y :)

21 komentar:

  1. kelinci gue baru lahiraann...gak tega ngeliat induknya nginjek nginjek anaknyaa..huhuhuhu.
    nama kelinci gue kulin sama inci. hemmm...
    anaknya 4,yang satu kayaknya cacat,kakinya gak ada yg belakang,,,gak tau diembat sama induknya..soalnya bedarah..
    huhuhuhu..asli gak tega...
    -,-"

    BalasHapus
  2. memank, kl malem nyusi anknya, tp kluw siang" memang gk nyusui, kn punya 'jadwal' sndiri induknya, tp kl mnurut q g smua induk kanibal kok. induk bisa kanibal kluw makananya kurang.,

    BalasHapus
  3. mkasi infonya, ternyata emang mending di pisahin,,, kelinci ponakan gw baru lahiran kemaren, 7 pula anaknya.. sayang mati 3..keinjek2 sm nyokapnya... :'(

    BalasHapus
  4. kelinciku sudah matiii semuaaa

    yang betina (bunny) akhirnya gw lepasin, ga tega yang jantan (lessy) udah matiii,, bunnynya jadi ga semangat gitu .. sooo gw lepasin ajaa

    anak kelincinya ga ada yang hidup.
    #warning : jangan pernah ngasih toge ke bayi kelinci, bisa keracunan !!!

    BalasHapus
  5. KELINCIKUUUU BARU LAHIR 8 HIDUP DAN GEMUK CUMA YANG SATU CACAT JD BINGUNG DI BUANG APA NUNGGU MATI NIE??? HUHUHUUUUU
    TYUZZZ INDUK KELINCI NI DONG DONGGG G BISA NGURUS ANAKNYAAA SENDIRIII......
    TAPI ATI2 KALAU UDACH BULU KLUAR... BISA JALANN BISA ILANG TYUS DICURI M KUCING
    MENDING DIPISAH AJA SAMA INDUKNYAA
    KASIH MAKANNYA PAKSA AJA..INDUKNYA DI PEGANGGG

    BalasHapus
  6. adduuuhh...untung cari2 info dsini, kelinci gw br lahirin kemarin, tdnya bingung mesti dipisah ato digabungin..kalo dipisah takutnya mati kelaparan..kalo digabungin takut diinjek, kalo dimakan kupikir oleh bapaknya aj...
    lgs dipisah deh! makasih y info2ny ^^~

    BalasHapus
  7. induk kelinci pd dasarny ga makan anakny kok.. Linci jd kanibal klo stlh lahiran or slm kehamilanny dia kekurangan protein or kalsium, jd dy makan anakny utk mempertahankan hdpny krn dy kudu nyusuin anakny jg, jd utk linci hamil n menyusui kita perlu lbh bnyk ngasih makanan yg bergizi.. Misalny pelet khusus linci hamil, atau dikasi vitamin.
    Klo linci hamil, siapin kotak di dlm kandangny, n pisahin si induk dr si jantan. Kotak itu bs dtaroh kira2 3 hr menjelang linci lahiran. Kira2 linci hamilny 30 hr. Nt si induk bakal ngerontokin bulu2ny utk sarang anakny. Scr naluri semua induk linci gt kok. Dy nyusuin bayiny emang saat ga ada org (mlm misalny) spy makhluk lain tu ga tau klo ada anak linci, biar anak linci ga dmangsa.
    Jd for the best, biarkan anak linci dg indukny sampe dy punya bulu dan mulai jln2. Nah saat udah hampir 2 bln, br dipisah deh..

    BalasHapus
  8. Saya tidak tahu klo kelincinya hamil, trus melahirkan 9, mati 5, tinggal 4, satu mati lagi ditendang induknya. Trus saya bawa ke dokter hewan katanya diberi susu low lactosa 5 kali sehari, akhirnya yg saya praktekkan tetap ngasih susu ke induk 1-2 kali sekhari, sisanya kasih susu low lactosa untuk bayi usia 0-12 bln. sekarang bayinya sudah berbulu usianya 10 hari. semoga bermanfaat. Retno - Depok

    BalasHapus
  9. enaknya anak kelincinya di bunuh semua............
    terus kita terjun ke gedung tingkat 20, biar mati semua.
    terus induk kelincinya diracuni...................


    silahkan dicoba
    dari: suryo prayogi

    BalasHapus
  10. kira-kira, bulunya tumbuh setelah berapa hari ya?
    saya takut, baru petama begini, hiiiiiiii

    BalasHapus
  11. klo udah umur seminggu, udah numbuh bulu - bulu halus kokk..

    udah gemukan dan jadi lucu banget bayinya :)

    BalasHapus
  12. gw punya kelinci.. nglairin sembilan .. mati satu tinggal delapan.. kemudian bayi kelinci tinggal delapan, mati satu tunggalah tujuh, bayi kelinci tinggal tujuh... mati satu tinggalah enam, bayi tinggal enam.. mati satu tinggalah lima, kelinci lima matilah satu, mati satu tinggalah empat, yang empat mati satu, mati satu tinggalah tiga, tiga mati satu... mati satu tinggalah dua.. bayi dua mati satu,, mati satu tinggalah satu.. abis itu yang satu hidup sampai sekarang.. gitu dech.. critanya...

    BalasHapus
  13. kelinci yg baru lahir bisa jadi makanan kucing soalnya anak kelinci gue hampir 10 jadi korban :'( emang induknya suka nginjek" maka dari itu induknya gak boleh STRESS. dari pengalaman gue sih udah 5x lahir baru 2 yg hidup soalnya bayi kelinci itu gampang banget mati. tips"nya:
    1. biar induk gak stress, lbh baik siangnya dilepas malam baru disatuin sm anaknya soalnya kalo induknya sress doi gak mau nyusuin
    2. saat si induk mau nyusuin bayinya jgn diliatin ya bikin si induk gak mau nyusuin pokoknya kandangnya hrs ditutupin kain biar gak ada yg liat. itu sifat alami si induk
    3. kalau baru lahir jgn langsung dipegang pake tangan, bikin si induk gak mau nyusuin anaknya. kalau udh satu minggu baru boleh
    4. ada tipe induk yg gak mau nyusuin anaknya, kalo emang gitu cara nya lo elus" induknya bikin dia nyaman saat itu deketin bayi"nya ke puting induknya biar nyusuin sendiri sambil kita pegangin bayinya (ingat hrs pake sarung tangan ya)
    5. si induk jg harus di kasih SUSU biar dia gak kekurangan kalsium soalnya kelinci gue mati gara" nyusuin anaknya langsung 8, kata dokter dia kekurangan kalsium dan mati deh :(
    6. kalau si induk bener" gak bisa nyusuin bisa dibantu pake susu khusus kelinci dikasihnya pake pipet dan harus bener" sabar jgn sampe bayi kelincinya keselek jgn dg posisi bayi tiduran ya nanti keselek! untuk tau si bayi kenyang atau gak liat perutnya udah buncit belum (jgn terlalu buncit ya!) kalo gak salah kata dokter dikasih susunya 2-3 jam sekali dan itu harus diganti susunya krn susu cepet basi
    7. kalo udah 3 mingguan gitu kayanya baru boleh makan sayuran deh

    jgn lupa bayinya dibungkus pake bulu induknya ya atau yg bisa nyerap air kencingnya, soalnya kalo gak si bayi bisa kedinginan dan mati

    satu lagi< kalo kelincinya mencret berarti kebanyakan susu atau susunya udah basi (diseduh beberapa jam lalu)

    SEMOGA BERMANFAAT!

    BalasHapus
  14. saya punya kelinci, melahirkan 4, mati 3 sekarang tinggal 1 ;_; karena saya gak tau ngerawatnya gimana. saya kasian sama mereka yang udah mati. ada yang tau gak setelah induk melahirkan, kapan lagi dia akuan aktif bereproduksi atau menghasilkan anak?

    BalasHapus
  15. saya punya kelinci baru dibeli tetaapi sudah melahirkan d kandang baru, nah anak kelinci nya dicuekin aja,, semuanya ada 7 mati 4 tinggal 3 antisipasi biar ga mati lagi gimana yah? mohon blz

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. klo menurut pengalaman gue sih , anak sama induknya harus dipisahin karena kelinci ga sama kaya ayam or kucing yg ngurusin anaknya..
    kandang anaknya dari kardus aja trus dikasih kain n bulu2 induknya yg rontok biar dia anget.
    sesering mungkin disusuin ke induknya dengan cara induknya dipegangin sama kita kaki n tangannya dan biarin deh si anak nyari2 sendiri puting susu induknya. klo pagi dijemur sebentar anaknya biar hangat badannya. insya allah sih klo telaten ngurusnya bisa hidup. jgn lupa juga kandangnya harus selalu bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw baru pnya kelinci ni plingan umur'a baru 1 bulan..
      Kash makan apaan byar kelinci'a cepet gemuk??

      Hapus
  18. Dua hari yg lalu saya dikasih ortu 2 kelinci, jantan dan betina. saya ga tau ternyata si betina lg hamil besar, setelah dua hari ada di rmh, si betina ngelahirin 5 anak.. antara seneng °\(^▿^)/° dan "bingung" jadinya. bingung karena si induk ga mau nyusuin anaknya, malah di injek2. akhirnya saya pisahin dl..
    sekarang saya dah tau cara ngerawatnya berkat pengalaman dr temen2, mudah2an semua bayi kelinci saya bisa hidup ya ..
    n'makasih buat informasinya ^_^

    by : al farah

    BalasHapus
  19. bogi dan satu sihirnya5 November 2012 03.41

    yah...kok bisa itu kelinci baru lahir dipisah ama induknya?? dari mana teorinya sob
    itu namanya penyiksaan

    kalo mau pelihara kelinci harus tau dulu seluk beluknya udah byk kok artikel or buku2 yg beredar tentang kelinci

    - kelinci kanibal byk sebab
    - kelinci gak bisa urus anakanya itu jg byk sebab

    pelihara kelinci ada ilmunya supaya doi tumbuh n berkembang biak dengan baik

    1. kandang harus di perhatikan,...minimal 4x lebih besar dr badannya(itu minimal) lebih besar lebih baik
    2. kandang jgn sampai terkena sinar matahari langsung
    3. suhu kandan lebih dingin lebih baik >> krn kelinci toleransi trhadap suhu dingin(di luar negri sana malah ruangannya di kasih ac utk jg suhunya)
    4. pakan kelinci tidak boleh yg byk mengandung gas (contoh: kubis/kol,kangkung) yg paling aman rumput sawah & pelet kelinci. namanya makhluk hidup harus di beri minum.
    5. pakan utama bukan wortel atau kangkung (byk salah kaprah wortel pakan utamanya kelinci) wortel cukup di berikan 1x seminggu
    6. usahakan kelinci tidak di gabung di atas umur 3 bln (satu kamar satu kelinci) kelinici di gabungkan hanya saat kawin aja itu pun hanya 1 hr atau 2hr paling lama.
    7. kelinci jenis mini dan sedang siap kawin umur 7 bln & jenis besar 9bln
    8. kehamilan umur 25 hari di siapakan nestbox di dlm kandangnya
    9. kelinci hamil kalo kelaparan atau kehausan akan stres > akibatnya fatal salah satunya kanibalisme
    10. kelinci aktif pada malam hari usahakan pakan harus terpenuhi saat malam...saat siang kelinci lebih banyak istirahat/ tidur dr pada makan
    11. pemberian pakan berupa pelet bagus di berikan saat pagi & rumput saat malam

    sebenarnya masih byk lg sob...maap ya bukannya mau menjelek-jelekan, tp sy hanya prihatin aja...
    ada byk refrensi yang pasti. neh beberapa teorinya yang lumayan lengkap : kelinci.wordpress.com/

    BalasHapus